Jumat, 03 Desember 2010

PENGANTAR BISNIS BAB 6


TUGAS PENGANTAR BISNIS
BAB 6

PEMASARAN
PEMASARAN:kegiatan mendistribisikan prouk  guna memenuhi kebuthan barng dan jasa di pasardan untuk memperoleh keuntungan (profit).
MANAJEMAN PEMASARAN : suatu proses perencanaan ,pengoorganisasian,dan menentukan ide ide,penentuan harga,promosi,penjualan barang dan jasa guna memperoleh keuntungan.
KONSEP PEMASARAN
·         konsep produksi: konsep yang menjelaskan bagaimana produk yang dijual harganya tetap murah
·         Konsep produk: konsep yang menjelaskan  tentang kualitas produk yang dipasarkan.
·         Konsep penjualan: menjelaskan  tentang kegiatan penjualan harus dilakukan dengan cara agresif/ dengan promosi.
·         Konsep pemasaran:menjelaskan tentang  produk yang dipasarkan harus memuaskan.
·         Konsep pemasaran yang bermasyarakat(social):menjelaskan produk yang dipasarkan dapat meningkatkan kualitas hidup orng banyak
·         Konsep pasar: menjelaskan bagaimana kita harus bisa menguasai pasar dan sarana informasi pasar.
MACAM MACAM PASAR:
1)      PASAR KONSUMEN:  kelompok individual (perorangan ataupun rumah tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi.
2)      PASAR INDUSTRI: kelompok organisasional yang membeli barang ataupun jasa untuk diolah menjadi produk lain yang akan dijual untuk kepentingan organisasinya.
3)      PASAR PENJUAL: kelompok yang membeli barang untuk dijual kembali tanpa merubah bentuk untuk memperoleh laba.
4)      PASAR PEMERINTAH: suatu pasar yang terbentuk karena adanya pemerintahan disuatu Negara dan berguna untuk melayani warga negaranya akan kebutuhan sehari hari.

Ada beberapa criteria yang harus dipenuhi dipenuhi agar segmentasi pasar dapat efektif,yaitu :
a.       Dapat dijangkau (accessable): berhubungan dengan tempat,jarak,luas pasar,transportasi.

b.      Dapat diukur (measureable) : pembagian pasar agar pengukuran perbedaan perbedaan pasar dapat jelas dan nyata untuk memudahkan pemasaran.

c.       Memberikan keuntungan (profitable) : hanya segmentasi pasar yang dapat memberikan keuntungan yang harus kita ambil.
BAURAN PEMASARAN
PERENCANAAN BARANG (PRODUCT),PENETAPAN HARGA (PRICE),PROGRAM PROMOSI (PROMOTION),SALURAN DISTRIBUSI(PLACE).
PENGERTIAN PRODUK 
PRODUK ADALAH SESUATU YANG ESENSIAL MAMPU UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR
SIKLUS PRODUK
1.        TAHAP PENGEMBANGAN
2.       TAHAP PERKENALAN
3.       TAHAP PERTUMBUHAN
4.       TAHAP KEMATANGAN
5.       TAHAP KEMUNDURAN
PENGERTIAN HARGA :
NILAI PERTUKARAN ATAS MANFAAT PRODUK (BAGI KONSUMEN MAUPUN BAGI PRODUSEN) DAN DINYATAKAN DALAM SATUAN MONETER.
Macam macam strategi penetapan harga:
*      HARGA PSIKOLOGIS: harga yang ditetapkan dengan angka ganjil.
*      PRICE LINING: harga  yang ditetapkan secara berjenjang.
*      DISCOUNT PRICING: pemberian potongan harga dalam rangka promosi.
*      HARGA GEOGRAFIS : harga yang ditetapkan karena perbedaan tempat pengiriman atau tempat penerima.
PROMOSI
Promosi adalah kegiatan memperkenalkan produk.
Kegiatan promosi:
Ø  Periklanan
Ø  Promosi penjualan
Ø  Personal selling
Ø  Relasi publik
SALURAN DISTRIBUSI
Saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan produknya kepada konsumen.
PIHAK PIHAK YANG  TERLIBAT  DALAM SALURAN DISTRIBUSI
v  PEDAGANG BESAR
v  AGEN
v  PENGECER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar