Sabtu, 16 Juni 2012

MENJAGA SUMBER DAYA ALAM INDONESIA KETAHANAN NASIONAL


MENJAGA SUMBER DAYA ALAM INDONESIA KETAHANAN NASIONAL
Sumber daya alam bumi pertiwi ini sangatlah banyak dan tiada ada duanya dunia, dari minyak bumi, gas alam, batu bara, hutan tropis yang menyediakan banyak jenis kayu, rotan dan lainnya, serta tanah yang subur yang sangat cocok untuk pertanian, perkebunan serta sumber air yang melimpah dengan Negara yang mempunyai banyak kepulauan yang dilalui jalur perdangangan internasional terutama perdagangan di wilayah Asia membuat Indonesia menjadi Negara yang seharusnya bisa memainkan perannya dalam perekonomian dunia internasional.
Dan seharusnya rakyat Indonesia bisa hidup sejahtera, makmur serta berkecukupan dalam hal perekonomian, tetapi mengapa sampai saat ini rakyat Indonesia terpuruk dalam kondisi perekonomiannya. Pengangguran banyak terjadi dan tingkat kemiskinan semakin tinggi yang menyebabkan kriminalisme terjadi dimana mana karena desakan kebutuhan perekonomian.
Apakah penyebab semua ini bisa terjadi?
Menurut saya penyebab semuanya adalah kita tidak bisa menjaga dan merawat semua pemberian Tuhan YME berupa banyaknya sumber daya alam yang diberikan –NYA, mengapa demikian, kita memang sadar bahwa dengan jumlah rakyat yang banyak tetapi tidak bisa mengolah sumber daya alam kita sendiri dengan keterbatasan ilmu teknologi kita, kita sangat membutuhkan bantuan asing untuk mengolah sumber daya alam kita agar menjadi barang yang bisa digunakan untuk kebutuhan hidup.
Akan tetapi akibat segelintir oknum dan penguasa – penguasa yang tidak bertanggung jawab membuat kesepakatan dengan pihak asing sehingga yang terjadi saat ini banyak lahan – lahan sumber daya alam yang dijual atau dikontrak oleh asing untuk diolahnya dan dijual hasilnya kepada kita sebagai pemilih aslinya, itu menurut saya sangat memprihatinkan sebagai bangsa Indonesia.
Apakah kita harus membiarkan semua ini terus terjadi, yang sebagai bangsa yang merdeka masih dijajah secara halus ataupun dikendalikan oleh bangsa asing dalam hal perekonomian kita?
Untuk meningkatkan ketahanan haruslah dibangun dengan aspek politik, aspek sosial dan aspek ekonomi yang kuat. Apabila ketahanan pangan saja sekarang sudah rentan masalah bagaimana kita bisa menjaga ketahanan nasional negeri ini?
Menurut pengertiannya Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamik suatu bangsa yang meliputi seluruh aspek kehidupan nasional yang terintergrasi, berisi keuletan dan ketangguhan menghadapi dan mengatasi segala ancaman , ganguan , hambatan, dan tantangan baik yang dating dari luar maupun dari dalam langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mengejar dan perjuangan nasional.
Untuk membangun ketangguhan ekonomi agar kesejahteraan dan kemakmuran terjadi diperlukan upaya menjaga sumber daya alam agar tidak jatuh oleh asing dan bisa dikelola secara mandiri oleh bangsa sendiri, apabila dikelola sendiri maka kita bisa mengaturnya sendiri tanpa intervensi pihak asing sehingga harga harga kebutuhan pokok yang diperlukan rakyat Indonesia lebih terjangkau tidak seperti selama ini.
Pengelolaan dan pengembangan ekonomi Indonesia didasarkan pada pasal 33 UUD 1945 sebagai berikut :
1.  Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.
2.  Cabang-cabang produksi yang penting bagai Negara dan yang menguasai hajat hidup  orang banyak dikuasai oleh Negara.
3.  Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
4.  Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.
Peranan Negara dalam sistem ekonomi kerakyatan sesuai dengan pasal 33 lebih ditekankan bagi segi penataan kelembagaan melalui pembuatan peraturan perundang-undangan. Penataan itu baik menyangkut cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak, maupun sehubungan dengan pemanfaatan bumi, air, dan segala kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Tujuannya adalah untuk menjamin agar kemakmuran masyarakat senantiasa lebih diutamakan daripada kemakmuran orang seorang, dan agar tampuk produksi tidak jatuh ke tangan orang seorang yang memungkinkan ditindasnya rakyat banyak oleh segelintir orang yang berkuasa.
Ketahanan nasional merupakan suatu konsep yang berkaitan dengan banyak dimensi, dimensi – dimensi itu meliputi :
·         Stabilitas ekonomi
·         Tingkat integrasi ekonomi
·         Ketahanan system ekonomi terhadap goncangan diluar system ekonomi
·         Margin of safety dari kemiskinan dan tingkat pertumbuhan ekonomi
·         Keunggulan kopetitif dari produk – produk ekonomi nasional
·         Kemantapan ekonomi dari segi besarnya ekonomi nasional
Untuk kedepannya sebagai generasi penerus bangsa kita harus memikirkan bagaimana kita bisa mengelola kekayaan bangsa , menurut saya generasi muda haruslah belajar dari pengalaman agar mencari jalan  keluar bagaimana bisa mengolah kekayaan sumber daya alam dengan teknologi tinggi secara efisien dan efektif , kreatifitas dan ide – ide cemerlang generasi penerus bangsa sangat dibutuhkan saat ini. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar