Rabu, 16 November 2011

HAK ASASI MANUSIA

HAK ASASI MANUSIA
Mengapa hak itu penting?, dalam kehidupn sehari hari seringkali orang meneriakan pentingnya perlindungan terhadap hak asasi manusia. Tetapi sering orang salah memahami bahwa demi melindungi Haknya , seseorang beranggapan bahwa dirinya dapat melanggar hak orang lain secara sengaja.
Untuk dapat memehami masalah ini terlebih dahulu kita perlu mengerti mengapa hak menjadi begitu penting bagi manusia. Hak merupakan kekuasaan untuk berbuat sesuatu,artinya manusia memiliki wewenang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan dan kepentingannya.
Dengan demikian , hak menjadi salah satu sarana bagi manusia untuk mewujudkan keinginannya.karena dengan hak yang dimilikinya ia berwenag melakukan sesuatu atau memanfaatkan apa yang dipunyainya. Tetapi harus diingat bahwa  wewenang itu sendiri dibatasi oleh peraturan yang berlaku.
Sebagai contoh , kita mempunyai hak untuk memiliki sesuatau. Hak kepemilikan ini penting karena dengan memiliki sesuatu, kita dapat memanfaatkan sesuatu tersebut sebagai sarana untuk mewujudkan keinginan kita. Untuk mewujudkan keinignan untuk bersekolah tentu dibutuhkan uang,maka dalam hal ini uang sebagai sarana. Tetapi untuk memperoleh uang itu, kita tidak boleh melanggar kepentingan orang lain.
Karena itu selain mempunyai hak , kita juga memiliki kewajiban sebagai peyeimbang agar kita menghargai sesama . kewajiban merupakan keharusan untuk melakukan sesuatu, kewajiban biasanya berkenaan dengan kedudukan manusai sebagai makhluk social. Sebagai anggota masyarakat misalnya, kita mempunyai kewajiban untuk menjaga ketertiban lingkungan, dalam hal ini penting untuk menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban agar tercapai harmoni dalam kehidupan sosial .
Disinilah peraturan menjadi salah satu perangkat yang penting untuk mewujudkan harmoni sosial tersebut. Peraturan digunakan untuk mengatur keseimbangan  antara hak dan kewajiban masyarakat. Dalam sebuah masyarakat demokratis, peraturan dibuat oleh kesepakatan bersama yang melibatkan segenap anggota masyarakat yang demokratis,peraturan peraturan dibuat melalui kesepakatan bersama yang melibatkan segenap anggota masyarakat. Masyarakat yang demokratis juga mengedepankan kepentingan bersama, karena itu seorang warga Negara yang demokratis tidak akan berupaya untuk memaksakan kehendaknya secara berlebihan sembari mengabaikan hak sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar