Kamis, 03 November 2011

TIPS - TIPS UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA KERAJINAN TANGAN


TIPS – TIPS UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA KERAJINAN TANGAN
Seiring meningkatnya kegiatan pariwisata di Indonesia yang dikenal salah satu Negara terbaik di bidang pariwisatanya tentu ini adalah prospek pendapatan yang sangat besar yang dimiliki oleh pengusaha kerajinan tangan di Negara kita.
Mengapa demikian ?,  Karena karena adanya tempat – tempat pariwisata kerajinan tangan kita banyak terkenal sampai Negara lain karena parawisatawan asing banyak membeli souvenir – souvenir benda – kerajinan tangan kita sehingga usaha kerajinan tangan kita sangat berkembang dan mempunyai prospek ekonomi yang bagus untuk kedepannya.
Selain itu banyaknya acara yang berkaitan dengan orang banyak misal acara ulang tahun perorangan, perusahaan dan lainnya biasanya akan memesan sebuah cindera mata untuk kenang – kenangan tau acara pernikahan yang biasanya membagikan sebuah kenang –kenangan berupa benda kerajinan.
Oleh karena itu untuk para usahawan yang bergelut dibidang ini harus jeli melihat peluang usaha, dan harus pintar – pintar membuat karya – karya dengan ide yang baru untuk menarik daya beli pembeli.
Dibawah ini adalah tips – tips untuk memajukan usaha dibidang kerajinan tangan :
1.      Carilah ide yang kreatif untuk membuat benda kerajinan tersebut yang belum pernah ada dipasaran dengan bahan yang mudah dicari dipasaran contoh bamboo, rotan,kayu sisa mebel dan lain – lain.
2.      Apabila daerah anda dekat dengan tempat pariwisata maka buatlahkerajinan tangan yang berciri khas tempat wisata itu.
3.      Carilah partner kerja yang benar – benar sungguh – sungguh ingin berwira usaha yang sejalan dengan pemikiran kita.
4.      Carilah partner kerja yang kreatif dan pintar dalam bidang seni kerajinan tangan
5.      Apabila modal kita kurang,kita harus mencari sumber dana ,baik dari perorangan atau lembaga pinjaman
6.      Mulailah usaha dengan sungguh – sungguh dan jangan mudah putus asa, dan yang penting mulai usaha dengan sedikit sedikit terlebih dahulu
7.      Untuk pemasaran cari tempat yang strategis, misal tempat  banyak orang berkumpul (dekat tempat wisata rekreasi)
8.      Pemasaran melalui iklan dikoran, Internet, atau selebaran brosur.
9.      Jalin kerjasama dengan biro travelwisata, wedding organiser atau event organiser dan dinas pariwisata.
10.  Agar menghemat biaya produksi, carilah sebisa mungkin kerajinan yang terbuat dari barang bekas atau tidak terpakai, atau limbah.
11.  Apabila usaha sudah berkembang coba dengan membuat barang yang baru dan rekrutlah pekerja yang mahir dalam seni pembuatan kerajinan
Itulah sebagian tips tips yang saya tulis diatas, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin berwirausaha dibidang kerajinan tangan, terima kasih.
Sumber ;

1 komentar:

  1. terima kasih atas tipsnya. sangat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan usaha kerajinan tangan dan menjualnya secara online...:)

    BalasHapus